FAKTA Menarik Di Balik Sulitnya Permainan Monopoli

Pernahkah anda mendengar nama sebuah permainan yang bernama Monopoli ? Atau bahkan anda pernah memainkannya ? Permainan monopoli adalah salah satu permainan yang cukup familiar di kalangan anak-anak. Permainan tentang bisnis properti yang cukup menguras pikiran untuk memainkannya atau dalam arti permainan ini mempunyai tingkat kesulitan yang tinggi.

Namun di balik kesulitan dalam memainkannya, apakah tidak ada yang bisa dipelajari dalam permainan monopoli tersebut ? Apakah monopoli hanya sekedar permainan biasa tanpa ada ilmu yang bisa dipelajari didalamnya ?

Ternyata permainan monopoli bukan hanya sekedar permainan biasa. Permainan monopoli memiliki banyak ilmu dan pelajaran yang terdapat di dalamnya. Ilmu dan pelajaran apa sajakah yang terdapat dalam permainan monopoli ? Yuk, kita kupas bersama.

Permainan monopoli memberikan pelajaran tentang memulai suatu bisnis. Pada awal memulai permainan, peserta permainan akan diberikan modal uang dalam jumlah tertentu yang bisa digunakan untuk membangun rumah atau membeli tanah yang diinginkan serta mengajarkan bagaimana mencari lokasi yang tepat untuk memulai usaha bisnisnya.

Monopoli mengajarkan pula tentang cara mengelola bisnis dan mengembangkannya. Sebagai contoh jika ingin mengembangkan bisnis maka peserta harus mengumpulkan modal terlebih dahulu dan jika modal sudah terkumpul maka dapat digunakan untuk membangun lebih banyak rumah ataupun hotel untuk mengembangkan bisnisnya.

Di dalam permainan monopoli juga menggambarkan tentang ilmu jual beli dan sewa menyewa. Apabila seorang peserta ingin membeli properti peserta yang lain, maka ia wajib membayar sejumlah harga jualnya. Begitupun jika peserta ingin menyewa properti peserta lain, ia juga wajib membayar harga sewa yang telah ditentukan. 

Permainan monopoli juga mengajarkan bagaimana mengatur keuangan. Mengapa ? Karena bisa jadi pada awal permainan seorang peserta sangat ingin  untuk memiliki semua tanah dan bangunan yang diinginkan demi mendapat keuntungan sebesar-besarnya sehingga dibutuhkan banyak uang untuk memilikinya.

Jika modal yang dimiliki belum cukup maka maka ia akan  berhutang pada bank atau kepada peserta lain yang kemudian wajib ia bayar entah dengan mengumpulkan modal kembali atau dengan menjual aset yang pernah dimiliki sebelumnya. Disinilah pelajaran tentang mengatur keuangan yang ditunjukkan oleh permainan monopoli, bagaimana disatu sisi ia harus mengembangkan bisnis supaya tidak merugi serta disisi lain ia wajib untuk membayar hutang.

Yang tak kalah menarik dari permainan monopoli adalah pelajaran tentang kedisiplinan dalam membayar pajak dimana dalam permainan monopoli terdapat kartu yang mewajibkan peserta untuk membayar pajak yang telah ditentukan. Monopoli juga mengajarkan tentang kedisiplinan dalam menaati suatu peraturan yang telah ditetapkan karena didalamnya terdapat penjara yang diperuntukkan bagi peserta yang tidak menaati peraturan.

Ternyata banyak fakta dan ilmu yang sangat menarik dibalik sulitnya permainan monopoli. Anda tertarik untuk memainkannya ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *