Si Pisces yang Lembut Hati


Namaku Nining Prasetyaningtyas. Aku terlahir dari keluarga sederhana. Dari ayah seorang penegak hukum,  dan ibu rumah tangga biasa. Aku memiliki dua orang saudara laki-laki yang mengapitku. Sehingga bisa dikatakan,  akulah anak yang paling cantik di keluargaku. Hehe.
Ayah, ibu dan kedua saudaraku sangat menyayangiku. Sebagai anak perempuan satu-satunya, alhasil aku sangat dimanja. Bahkan mereka semua sangat over protective kepadaku. Kemana-mana selalu ditemani, tidak boleh pergi seorang diri. Sampai aku teringat betul, di masa sekolah menengah atas, ayah pernah menemaniku menonton bioskop. Padahal teman-teman yang lain,  pergi dengan sahabatnya masing-masing.
Aku lahir di bulan Maret. Di bawah naungan zodiak Pisces,  yang mayoritas mengatakan ia adalah seorang yang tertutup. Lemah lembut, penyayang, penyabar, perasa,  dan sedikit banyak romantis. Katanya. Hehehe. Entahlah. Tetapi sepertinya benar. Terkadang aku memang suka berkhayal yang indah-indah.
Menurut sebagian besar teman-teman, aku  adalah orang yang sabar. Biarpun orang lain berkata,  atau melakukan perbuatan yang menyakitkan, aku hanya diam saja. Tidak pernah membalas. Biasanya aku hanya menangis,  karena sudah terlalu lelah menahan emosi. Sampai-sampai mereka berkomentar,  bagaimana aku mampu bersabar sejauh itu. Kalau orang lain pastilah sudah teriak-teriak, atau memaki-maki.
Aku adalah orang yang perasa. Ketika orang lain berteriak kasar, marah-marah,  atau berkata sedikit keras di hadapanku,  aku pasti langsung  gemetar. Hatiku juga langsung menciut,  jika mendengar sebuah pertengkaran. Entahlah. Tetapi  hati ini seolah seperti tidak bisa menerima, melihat,  atau mendengar segala sesuatu yang berbau kekerasan.
Ada yang mengatakan,  jika seseorang  memiliki sifat perasa,  biasanya tidak mudah menerima  kritik atau saran. Selalu merasa bersalah jika orang lain memberikan masukan, padahal masukan tersebut sangat bermanfaat untuk perbaikan. Akhirnya merasa pesimis,  dan tak bisa memberikan yang terbaik.
Tetapi aku bukanlah sosok yang demikian. Sejatinya aku senang sekali jika menerima kritik dan saran,  tentang apapun yang kuperbuat. Bagiku kritik dan masukan itu,  adalah sarana untuk memperbaiki diri. Aku menganggap bahwa siapapun yang mengoreksi perbuatanku,  adalah termasuk salah satu orang yang menyayangiku. Dan aku akan sangat menghargainya.
Aku juga orang yang suka belajar. Aku suka membaca. Aku juga suka menulis. Percaya atau tidak. Setiap tiba waktunya menerima gaji bulanan aku selalu ke toko buku,  untuk membeli buku apapun yang kuinginkan. Juga mendaftar berbagai training tentang menulis,  untuk menambah pengetahuan. Dan syukurlah, suamiku sangat mengerti hasratku ini dan bersedia mendukungnya.
Itulah aku. Dan semoga aku tetap menjadi diriku. Dengan segala kelebihan dan kekuranganku.

3 thoughts on “Si Pisces yang Lembut Hati”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *