Uncategorized

Belajarlah dari Sejarah

Beberapa waktu lalu pemerintah membuat keputusan yang menurut saya sangat baik. Yaitu memutar kembali film sejarah, tentang pengkhianatan suatu organisasi terhadap bangsa ini. Adapun tujuan pemerintah adalah, untuk mengenang kembali perjuangan para pahlawan yang telah gugur membela negara saat itu. Di samping pula tentunya agar generasi muda, mengetahui salah satu kejadian kelam yang pernah terjadi di masa lalu.
Seiring dengan keputusan pemerintah, memang harus diakui ada sisi pro kontra dari masyarakat tentang hal tersebut. Ada yang senang dan mendukung,  namun tidak sedikit pula yang masih menganggap film tersebut penuh dengan intrik, tipu daya, atau kebohongan publik. Ya begitulah. Biar bagaimanapun setiap hal memiliki dua sisi yang berbeda.
Semalam dalam grup satu komunitas yang saya ikuti, juga membahas tentang sejarah. Perbincangan yang terjadi cukup seru, dan ada kalanya saya kurang memahami apa yang dibicarakan. Tapi tak mengapa. Semua bisa menjadi pembelajaran.
Berbicara tentang sejarah, tentunya tak lepas dari apa yang pernah terjadi di masa lampau. Ada beberapa orang tertentu,  yang memang ditakdirkan untuk mengalami peristiwa tersebut. Dan pada akhirnya pengalaman itu ia ceritakan kepada orang lain. 
Untuk itu membahas tentang sejarah, baik dengan cara mendokumentasikannya dalam sebuah film,  atau dipaparkan dalam satu diskusi, menurut saya pasti telah melalui proses yang cukup panjang dan hati-hati. Melakukan beberapa riset, membaca buku, berbicara langsung dengan pelaku sejarah yang masih hidup dan keluarganya,  atau datang langsung menggali informasi dari tempat-tempat yang terkait.
Sehingga menceritakan kembali sebuah sejarah, sesungguhnya tidak bisa dilakukan dengan main-main, atau menyimpang dari  fakta yang sebenarnya. Sebab jika hal tersebut terjadi, maka sudah pasti siapapun yang melakukannya,  akan mendapatkan peringatan dari beberapa pihak, bahkan dari si pelaku sejarah sebagai saksi hidup.
Pada akhirnya saat ini saya hanya berpikir secara sederhana. Bahwa sejarah adalah bagian dari masa lalu. Sudah pernah terjadi dalam kehidupan kita secara baik ataupun buruk. Namun satu hal yang pasti. Dari sejarah, kita bisa belajar banyak hal. Terutama belajar memperbaiki. Entah perilaku atau kondisi apapun, menjadi lebih baik dari sebelumnya.
So, selamat belajar dari sejarah.

Saya ibu rumah tangga yang ingin bercerita, berkisah dan belajar lewat sebuah tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *