Sampai Jumpa Lagi

Sudah dua bulan ini saya menjadi peserta dalam komunitas One Day One Post. Setiap hari kami harus menulis beberapa tema yang berbeda. Ada pula tantangan dari panitia yang harus kami kerjakan, sebagai bagian dari kegiatan komunitas tersebut.
Selain itu ada pula kegiatan bedah tulisan masing-masing anggota. Dimana kami semua dikelompokkan dalam grup kecil, demi memudahkan proses belajar bersama teman. Dan yang paling membuat saya geli, adalah nama grup yang mengambil tema sayuran. Saya sendiri akhirnya masuk dalam grup bernama kentang.
Sejak awal tergabung dalam grup kentang ini, dalam seminggu tiga kali kami diharuskan mengikuti bedah tulisan. Masing-masing bergiliran memaparkan tulisan, dan dikritisi oleh semua anggota. Memang tidak semua anggota hadir dan aktif setiap kali kegiatan tersebut. Tentunya dengan alasan tersendiri. Dan ups, saya termasuk yang paling sering hanya menjadi anggota silent reader. Alias jarang bersuara, tapi tetap menyimak.
Dan kini tanpa terasa semua anggota grup telah menyajikan tulisannya,  dalam kegiatan bedah tulisan tersebut. Dan alhamdulilah kami semua banyak mendapat pelajaran, bagaimana cara membuat tulisan yang baik dan berkualitas. Semua saling memberi kritik dan saran. Dan alhamdulilah yang diberikan masukan, juga dapat menerimanya dengan baik.
Kemarin tanpa terasa, menjadi hari terakhir bagi kami, untuk berada di grup kecil bernama kentang ini. Para anggota grup yang menyebut dirinya THE KENTANGERS, satu persatu mulai meninggalkan grup. Kami diharapkan berkumpul lagi di grup besar One Day One Post batch 4 untuk belajar bersama kembali.
Sebelum meninggalkan grup, saya lihat banyak The Kentangers yang merasa sedih. Pasti karena kebersamaan yang telah kami rasakan,  selama hampir dua bulan ini. Tak hanya saling mengkritik, tetapi bercanda bersama, berbagi ilmu, juga berbagi kesedihan dan kebahagiaan. Dan meskipun hanya sering menjadi pengamat, jujur saya cukup merasa sedih,  dengan pembubaran grup kentang ini.
Tetapi apapun yang terjadi, semoga kenangan ini tetap kami ingat sampai kapanpun. Bahwa kami pernah berteman meskipun hanya di dunia maya. Kami harus tetap bersyukur,  bahwa pernah bertemu dengan orang-orang hebat di dunia penulisan, serta banyak menyerap ilmu dari mereka.
Meskipun demikian kami tetap manusia biasa. Pastinya pernah melakukan kesalahan, dengan atau tanpa kami sadari. Semoga kami masih bisa selalu melakukan koreksi diri. Jika memang melakukan kesalahan, semoga semuanya bisa saling memaafkan. Dan pastinya berusaha untuk lebih baik kembali di masa depan.
The Kentangers, sampai jumpa lagi. Semoga kalian semua menemukan keberhasilan di jalan masing-masing. Semoga ilmu yang kita dapatkan akan bermanfaat suatu saat nanti.

2 thoughts on “Sampai Jumpa Lagi”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *