Uncategorized

Selamat Hari Pahlawan

Tanggal 10 November adalah hari yang bersejarah bagi bangsa Indonesia. Terutama bagi masyarakat Surabaya. Di tanggal ini beberapa tahun silam telah terjadi peristiwa,  betapa Arek-arek Suroboyo berjuang sampai titik darah penghabisan demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia.
Sehingga dalam peringatan hari Pahlawan seperti ini, sudah menjadi agenda rutin tahunan bagi warga untuk memperingatinya. Ditandai dengan banyaknya masyarakat yang mengenakan pakaian perjuangan. Dari anak-anak hingga orang dewasa. Dari semua sekolah hingga instansi pemerintah dan swasta.
Secara umum pengertian pahlawan adalah orang yang telah berjasa membela dan mempertahankan kemerdekaan bangsa. Dan tindakan mereka tersebut seringkali disertai dengan keikhlasan berkorban harta, jiwa dan raga  demi kepentingan negara.
Tetapi apakah seperti itu saja gambaran dari seorang pahlawan? Apakah tidak ada perbuatan lain yang bisa dianggap sebagai tindakan seorang pahlawan?
Ternyata sebenarnya ada beberapa perbuatan yang dianggap sebagai tindakan seorang pahlawan. Bahkan itu semua dilakukan oleh orang biasa. Perbuatannya pun sangat sederhana dan sering dilakukan sehari-hari. 
Katakanlah seperti seorang ayah. Ia adalah pahlawan bagi keluarganya. Akibat kesehariannya yang mencari nafkah yang halal dan baik demi mencukupi kebutuhan. Seorang ibu pun juga adalah seorang pahlawan. Tatkala ia berhasil mendidik anak-anaknya dengan budi pekerti dan akhlak yang baik.
Seorang guru juga merupakan pahlawan bagi murid-muridnya. Terlebih di zaman sekarang ini. Zaman yang sudah semakin maju dengan kehadiran internet. Zaman yang semakin membuat mereka harus ekstra sabar mengajarkan kepada murid-muridnya untuk bijak menggunakan teknologi.
Tak hanya itu. Ketika seseorang dengan ikhlas membersihkan lingkungan, memungut sampah, atau menciptakan sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat, itu pun juga dianggap sebagai tindakan seorang pahlawan.
Pada akhirnya kesimpulan yang bisa diambil adalah siapa saja bisa menjadi seorang pahlawan. Ketika ia mampu berbuat baik, dan memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi lingkungan dan masyarakat. Tentunya jika itu semua ia lakukan dengan ikhlas dan tanpa mengharapkan imbalan serta balas jasa.
Selamat Hari Pahlawan!

Saya ibu rumah tangga yang ingin bercerita, berkisah dan belajar lewat sebuah tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *