Uncategorized

Tetap Sehat, Resolusi di Tahun 2018

Tak terasa waktu demikian cepat berlalu. Hingga tanpa sadar saat ini waktu telah menggiring semua manusia, menuju detik-detik pergantian tahun. Tak tanggung-tanggung. Pergantian tahun ini akan segera berlalu dalam waktu kurang lebih dua minggu saja.
Tahun baru bagi sebagian orang merupakan salah satu momentum penting , untuk membuat resolusi atau pencapaian bagi diri sendiri. Tak terkecuali saya. Satu hal yang akan menjadi perhatian saya dalam resolusi tahun depan adalah,  bagaimana caranya agar tubuh tetap sehat dan terhibdar dari berbagai macam penyakit. Nah, kira-kira apa yang akan saya lakukan demi mewujudkan hal tersebut?

  1. Olahraga. Kesibukan yang terus menerus dan seolah tiada henti, terkadang membuat seseorang tidak memiliki banyak waktu,  bahkan lupa untuk berolahraga. Bahkan olahraga dengan olah tubuh ringan pun, rasanya tak sanggup melakukannya. Padahal olahraga merupakan salah satu cara yang alami untuk menyehatkan tubuh. Untuk itu sebelum beraktivitas,ada baiknya jika terlebih dahulu diawali dengan olahraga ringan seperti berjalan kaki. Ketika tiba  waktu istirahat kerja, lakukan gerakan tubuh ringan seperti menggerakkan kepala, bahu, tangan dan kaki.
  2. Konsumsi makanan sehat. Padatnya aktivitas sehari-hari, juga menjadi salah satu penyebab seseorang memiliki pola makan yang tidak teratur. Terkadang terlambat, atau sering pula tidak makan, hanya karena takut waktu aktivitasnya tersita untuk kegiatan tersebut. Lebih mengerikan lagi,  banyaknya  jenis  makanan instan atau fast food saat ini, seolah  sudah menjadi solusi terbaik, untuk tetap mengonsumsi makanan di sela-sela kesibukan. Padahal jenis makanan seperti itu lebih berbahaya bagi tubuh, karena berpotensi mendatangkan berbagai macam penyakit,  akibat banyaknya kandungan zat  tambahan seperti  penyedap  rasa serta proses memasaknya yang tidak memenuhi standar.  Sehingga perlu adanya perubahan dalam pola makan seperti perbanyak konsumsi sayur dan buah dan makanlah secara teratur.
  3. Kebiasaan. Ada kalanya seseorang memiliki satu kebiasaan,  yang ternyata justru mengakibatkan berkurangnya imunitas dalam tubuh. Katakanlah seperti kebiasaan suka bergadang untuk melakukan suatu pekerjaan. Sehingga pada akhirnya tubuh merasa lelah, dan sering mengantuk di pagi hari dikarenakan berkurangnya kualitas tidur. Kebiasaan merokok dan mengonsumsi minuman bersoda atau beralkohol juga menjadi salah satu sebab berkurangnya daya tahan tubuh. Ini semua diakibatkan oleh banyaknya kandungan zat berbahaya yang terdapat dalam sebatang rokok juga minuman berbahaya tersebut.
  4. Perbanyak konsumsi air putih. Air putih adalah salah satu minuman alami yang paling baik bagi kesehatan tubuh. Air putih berpotensi menggelontorkan penyakit yang bersarang dalam tubuh. Selain itu air putih sangat baik untuk membuat tubuh lebih segar dan terhindar dari dehidrasi setelah melakukan aktivitas yang berat. Untuk itu perlu bagi tubuh untuk mengonsumsi lebih banyak air putih demi kesehatan tubuh.
  5. Cek kesehatan. Meskipun secara kasat mata tubuh terlihat sehat dan tak memiliki masalah kesehatan, tidak ada salahnya untuk tetap memeriksakan kondisi tubuh ke dokter atau fasilitas kesehatan. Sebab terkadang ada beberapa penyakit tertentu yang tidak menampakkan gejala pada tubuh. Selain itu memeriksakan kesehatan secara rutin terbukti mampu mencegah seseorang terjangkit suatu penyakit, dikarenakan menjadi lebih paham apa yang harus dilakukan demi menjaga kesehatan tubuh.

Menyikapi semakin banyaknya penyakit yang berpotensi menyerang tubuh, membuat saya harus memiliki resolusi untuk tetap sehat di masa yang akan datang. Rasa-rasanya saya harus memiliki tekad yang kuat untuk melakukan lima hal tersebut, demi mendapatkan tubuh yang sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Bagaimana dengan teman-teman? Apakah juga ingin melakukan hal yang sama?

#onedayonepost
#nonfiksi
#resolusi2018

Saya ibu rumah tangga yang ingin bercerita, berkisah dan belajar lewat sebuah tulisan.

22 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *