Uncategorized

Yuk, Perbaiki Kualitas Diri dengan Membaca

Meskipun sudah berusia dewasa seperti ini, tak bisa dipungkiri bahwa saya masih sangat menggemari film kartun. Dan dari sekian banyak film kartun yang tayang di stasiun televisi Indonesia, saya sangat menyukai serial Upin dan Ipin.
Berkisah tentang sepasang anak kembar lucu  yang hidup bersama nenek dan kakak perempuannya. Berbagai ulah mereka yang sangat khas,  dalam kehidupan di sekolah dan lingkungan rumahnya sangat menarik perhatian.
Seperti di hari itu saya menyaksikan kisah,  tentang Upin dan Ipin yang mendapat tugas dari sekolah. Rupanya ibu guru menugaskan mereka, mencari sebanyak-banyaknya buku untuk dibaca, ditulis dalam daftar yang telah dibagikan, lalu menceritakan kembali di depan kelas. 
Upin dan Ipin yang merasa malas membaca buku, membuat mereka mengisi daftar buku tersebut secara asal-asalan. Namun, berkat bantuan dan dorongan semangat kakak perempuan dan sang nenek,  akhirnya mereka berhasil menyelesaikan membaca satu buku,  dan menceritakannya kembali di depan kelas.
Ya begitulah. Membaca bagi sebagian orang,  mungkin merupakan salah satu hal yang sulit dilakukan saat ini. Maklumlah kesibukan aktivitas sehari-hari,  sering membuat mereka sulit meluangkan waktu untuk membaca buku. Jangankan membaca buku, sekedar beristirahat dan makan siang, ada kalanya mereka lakukan dengan terburu-buru.
Anak-anak zaman sekarang pun, rasa-rasanya juga sangat sulit untuk diajak membaca buku. Hal ini dikarenakan gempuran teknologi yang sedemikian dahsyat melalui ponsel dan gadget, yang berakibat mereka lebih cenderung menyukai aktivitas menggunakan alat-alat tersebut,  daripada membaca buku.
Padahal banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan,  dari membaca sebuah buku. Dan jujur itulah  yang juga saya rasakan. Alhasil inilah yang membuat saya sampai sekarang,  masih suka dengan aktivitas membaca buku. Sampai-sampai setiap bulan ada penghasilan yang saya alokasikan untuk membeli buku.
Nah sebenarnya apa saja sih manfaat dari membaca sebuah buku?  Inilah beberapa diantaranya.
  1. Melatih fungsi otak. Otak merupakan salah satu organ tubuh, yang harus selalu dilatih atau stimulasi,  agar tetap berfungsi dengan baik. Dan cara yang terbukti efektif untuk menstimulasinya, adalah dengan jalan membaca buku. 
  2. Melatih konsentrasi. Membaca buku juga merupakan cara yang sangat ampuh untuk melatih konsentrasi. Sebab dengan membaca kita diharuskan untuk memahami,  apa yang disampaikan dari tema dalam buku tersebut. Alhasil akan terasa sekali manfaat yang  akan terjadi, beberapa saat setelah membaca buku. Bahwasanya kita akan menjadi semakin lebih berkonsentrasi dalam melakukan aktivitas selanjutnya.
  3. Memperluas wawasan. Perubahan menjadi satu keniscayaan dalam kehidupan manusia. Sehingga setiap hari informasi yang mereka dapatkan akan selalu berubah dan berkembang dari waktu ke waktu. Maka sudah pasti menjadi satu keharusan bagi setiap manusia,  untuk selalu memperbaharui informasi,  agar tak mudah tergerus oleh perubahan. Caranya? Sudah tentu dengan membaca buku,  yang pastinya akan banyak memberikan informasi bermanfaat bagi kehidupan.
  4. Menambah perbendaharaan  kosa kata. Dengan membaca berbagai macam bacaan, otomatis akan semakin memperkaya perbendaharaan kosa kata. Hal ini tentu saja akan bermanfaat dalam menjalani berbagai profesi. Dalam arti akan lebih mampu berekspresi serta bertutur kata. Alhasil rasa percaya diri pun  akan meningkat, dan terbukti mampu membawa seseorang,  menuju kualitas hidup yang lebih baik.
  5. Meminimalisir stress. Membaca buku bagi sebagian orang menjadi salah satu aktivitas memanjakan diri sendiri, yang dapat meredam stress. Setelah membaca, mayoritas mereka merasa jauh lebih segar dan fokus. Membaca menjadi jalan untuk sejenak melepas kepenatan dan menghibur diri, setelah mungkin sebelumnya mengalami satu masalah.
Nah itulah beberapa manfaat membaca yang sangat saya rasakan dalam hidup ini. Itulah sebabnya hingga saat ini saya masih menjadikan membaca, sebagai hobi dan aktivitas memanjakan diri. Lalu bagaimana dengan teman-teman?
#onedayonepost
#nonfiksi
#temabebas

Saya ibu rumah tangga yang ingin bercerita, berkisah dan belajar lewat sebuah tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *