Uncategorized

Sadar Politik Demi Kemajuan Bangsa, Why Not?

 

Pemilihan Umum telah Memanggil Kita
Sluruh Rakyat Menyambut Gembira
Hak Demokrasi Pancasila
Hikmah Indonesia Merdeka
Bagi teman-teman yang terlahir di tahun 70- an ūüėā pasti familiar banget dengan lagu ini. Lagu tentang pemilihan umum,¬† yang mengajak seluruh masyarakat Indonesia,¬† untuk memilih wakil rakyat di parlemen,¬†¬†sebagai perpanjangan suara rakyat.
Nah, tanpa terasa hari ini kita bertemu kembali dengan pemilihan umum. Mau tidak mau, kita akan kembali berpolitik.  Tepat di tanggal 17 april 2019, semua masyarakat Indonesia,  akan memilih wakil rakyat sekaligus pemimpin Indonesia,  alias presiden dan wakilnya untuk lima tahun mendatang.
Berbicara tentang pemilu mungkin¬† saat ini saya terlambat menuliskannya. Tapi ya sudahlah. Meskipun terlambat, semoga tulisan¬† ini bermanfaat bagi yang membacanya. Lagipula ini hanya bahasan sederhana tentang pemilu dan politik. Saya enggak¬†berani menulis yang terlalu spesifik,¬† gaes. Sebab politik bukanlah keahlian sayaūüėĀ
Sebenarnya pelajaran apa sih,  yang tersirat dari pesta demokrasi lima tahunan ini? Mengapa kita harus andil didalamnya,  meskipun hanya sekedar memberikan suara?
Bentuk tanggung jawab.
Sebagai orang yang tinggal di satu negara, tentunya kita memiliki tanggung jawab,  untuk membangun dan memelihara kelangsungan kehidupan bernegara. Pemilihan umum adalah salah satu cara untuk melakukan hal tersebut. Memilih wakil rakyat dan pemimpin yang sesuai hati nurani, agar mereka dapat membuat kebijakan,  dan langkah strategis demi membangun negara menjadi lebih baik. Percayalah bahwa satu suara dari masing-masing rakyat,  akan berpengaruh bagi berjalannya roda pemerintahan suatu negara.
Aktualisasi diri.
Pemilihan umum adalah tempat bagi seseorang,  untuk maju sebagai kandidat wakil rakyat. Setiap warga negara berhak atas hal ini. Ia berhak dipilih sebagai wakil rakyat. Duduk sebagai parlemen dan menyuarakan aspirasi rakyat. Inilah bentuk aktualisasi diri dalam pemilu tersebut.  Tentunya dalam hal ini, ia harus memiliki kemampuan yang mumpuni, serta niat tulus memajukan bangsa. Tak hanya sekedar omong kosong dan obral janji, namun faktanya tak sesuai kenyataan. Terlebih jika harus memaksakan kehendak. No way!!!
Belajar menjaga kepercayaan dan amanah.
Nah,  ini adalah salah satu ujian yang cukup berat, bagi calon wakil rakyat,  gaes. Jika sudah berani mencalonkan diri,  sebagai wakil rakyat atau pemimpin, maka wajib hukumnya menjaga amanah,  dan kepercayaan rakyat sekuat tenaga. Harus tahan godaan duniawi,  yang bisa menjerumuskan ke dalam maksiat. Ingatlah,  bahwa rakyat telah memilih seseorang sebagai anggota parlemen, karena mereka percaya bahwa aspirasinya bisa tersampaikan lewat wakilnya tersebut. Sekali saja tergiur oleh godaan duniawi, maka seumur hidup nama baik akan tercoreng.  So, berhati-hatilah menjaga amanah dan kepercayaan.
Lalu, apa yang wajib kita persiapkan ketika ikut serta dalam pemilihan umum? Bagaimana caranya agar kita enjoy dan nyaman menjalaninya?
Kenali dan Pahami.
Wajib bagi kita, untuk mengenali dan memahami wakil rakyat yang mempromosikan dirinya tersebut. Pelajari rekam jejaknya serta kemampuannya. Pelajari pula partai yang menjadi kendaraannya, gaes. Kemajuan teknologi sejatinya telah banyak membantu kita,  untuk mendapatkan semua informasi tersebut dengan mudah.
Bijak dalam bersikap.
Penting pula bagi kita untuk bijak dalam bersikap menghadapi pemilu ini. Entah dalam bersosialisasi di masyarakat, juga bermedia sosial. Setiap orang memiliki pilihan masing-masing sesuai hati nuraninya. Hargai setiap perbedaan. Tak mungkin semua orang memiliki pendapat yang sama.¬†¬†Jangan mudah terprovokasi sehingga terbawa dalam perselisihan tiada henti. Bukankah pelangi terlihat indah karena perbedaan warnanya?ūüėä
Persiapan diri.
Maksudnya? Ya persiapkan diri sebaik mungkin mengikuti pemilihan ini. Bangun pagi, siapkan perlengkapan yang harus dibawa,¬† dan persiapan lainnya. Lho apa hubungannya? Ya adalah,¬† bro and sis. Waktu untuk melakukan pemilihan sudah ditentukan.¬† Jangan sampai akibat terlalu lengah, kita terlambat datang ke tempat pencoblosan, lantas kehilangan hak memilih. Enggak banget kan?ūüėā¬†Apalagi ditahun ini kita harus mencoblos lima surat suara loh. Otomatis waktu yang dibutuhkan di balik bilik suara,¬†¬†untuk masing masing orang¬†tidaklah singkat. Terlebih jika kita belum siap menjatuhkan pilihan. Alhasil pusing-pusing lebih¬†dulu di dalam bilik suara. Hehehe.ūüėā
Terima hasilnya.
Setelah itu terimalah apapun yang menjadi hasilnya. Siaplah menerima kenyataan. Terlebih jika pilihan kita bukan termasuk yang mayoritas atau sebagai pemenang. Bersikaplah sewajarnya. Apapun hasilnya esok hari kita akan berkutat lagi dengan aktivitas masing-masing. Tetap  berpikir positif dan berbaur kembali dengan masyarakat lain, melakukan apa yang menjadi rutinitas dengan sebaik-baiknya. Sebab hal ini juga merupakan bagian dari kontribusi kita kepada bangsa dan negara.
Sadar berpolitik bisa dilakukan dengan cara sederhana. Minimal gunakan hak pilih dengan baik. Jika hal kecil tersebut, mampu membawa bangsa kepada kehidupan yang lebih baik, why not?

Saya ibu rumah tangga yang ingin bercerita, berkisah dan belajar lewat sebuah tulisan.

24 Comments

  • Sitatur

    Yes, setuju … terima hasilnya dengan lapang dada. Tetap berperan aktif dalam membangun negara sesuai porsi kita. Bertanggung jawab sebagai warga negara. Taat pajak, dll

    • Nining Prasetyaningtyas

      iyes…karena esok hari kembali ke dunia nyata dan beraktivitas lagi seperti biasa dan lakukan yang terbaik

    • Nining Prasetyaningtyas

      betul mbak….mau ngga mau kita pasti dihadapkan pada satu fakta bahwa kita harus ikut berpolitik demi kemajuan bangsa…meskipun hanya sekedar memberikan suara pilihan kita

  • Bety Kristianto

    Ihihihi aku pun langsung nyanyi pas baca kalimat pembukanya mba. Wkwkwk ketauan deh umurnya. Btw akj seneng banget kemarin bisa nyoblos, meski harus pakek drama dulu. Intinya mah milih wakil dan pemimpin bangsa itu harus teliti ya mba soalnya nyangkut masa depan euy. Semoga Indonesia makin adil makmur sentosa rakyatnya. Aminn

  • Mega

    Hasil pemilu kali ini bikin aku desperado mbak hehe. Gak sesuai ekspektasi. Tapi aku yakin dan percaya apapun itu hasilnya pasti ada campur tangan Allah. Semua atas ijin Allah. Jadi ya kita tinggal menjalaninya saja dengan lebih bijak

    • Nining Prasetyaningtyas

      iyes mbak…sama hahah…tapi semuanya pasti terjadi atas ijin Allah…dan Insya Allah itu yang terbaik meskipun ngga sesuai dengan harapan kita

  • steffifauziah

    siapa pun yang jadi pemimpin di Indonesia, harus legowo itu aja sih. Namanya sudah qadarullah mau kita jungkir balik kalau kata Allah dia yang menjadi pemimpin di Indonesia. Yasudah terima, yang penting kita sudah ikhtiar, yang perlu diingat adalah perbaiki sikap kita (rakyat) juga. karena pemimpin berasal dari rakyat. rakyatnya baik, amanah dan taat peraturan, begitu pemimpinnya.

    • Nining Prasetyaningtyas

      betul mbak….kun fayakun…setiap yang terjadi atas ijin Allah…n kita harus ikhlas dengan ketentuanNya

  • Dewi adikara

    Semoga siapapun yang terpilih menjadi pemimpin yang bisa menjadibpanutan yang baik, membawa kesejahteraan masyarakat untuk memiliki kehidupan yang lebih baik lagi. AminūüôŹ

    • Nining Prasetyaningtyas

      setuju miss Juli…itulah sebabnya seorang pemimpin harus amanah..karena ia dipercaya oleh rakyat untuk membawa aspirasinya

  • Melina Sekarsari

    Yes, setuju. Setiap warga negara pasti menginginkan kehidupan bernegara yang lebih baik dari tahun ke tahun. Oleh sebab itu negara membutuhkan seorang pemimpin dan kita harus turut serta memilih pemimpin terbaik versi kita. Jangan hanya bisa memprotes pemimpin saat ini tapi saat diberikan kesempatan memilih malah memilih golput. Yaaa, itu sih bukan pilihan namanya, ya.

  • dewi apriliana

    Aku sudaah nyoblos juga, mbaak.. Rame tpsnya tadi. Mana lama pula. Maklum kartunya sekarang lima. Milihnya harus mbuka nglipet kartu yang lebaar.
    Tinggal nunggu hasilnya. Yups, betul terima apapune hasilnya.yang penting kita sudah menggunakan hak pilih dengan bauk.

    • Nining Prasetyaningtyas

      iya mbak…ak sempet stress juga kelamaan di bilik suara karena melototin foto foto kurang familiar hahahha…tapi alhamdulillah tuntas juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *