Uncategorized

Bangun Pagi, Hal Sepele Segudang Manfaat

 

Di suatu malam, saya berbincang seru dengan saudara sepupu. Saking asyiknya perbincangan itupun sudah mendekati jam sembilan malam. Tiba-tiba si saudara ini berkata “Besok dilanjut lagi ya. Ini sudah masuk jam tidurku. Karena biasanya aku bangun jam tiga pagi,  dan ini sudah jadi kebiasaanku.”

Whaaatttsss??? Ya ampyuuunnn. War biasaaahh. Di saat orang lain di jam-jam tersebut, (termasuk saya..ups 😂),   masih seru-serunya nonton TV atau asyik dengan gadget, si sepupu ini malah sudah harus tidur, karena  terbiasa bangun jam tiga pagi. Ingat ya gaes, sudah jadi kebiasaan.

Hmmm, terpukau juga sih. Bagaimana ia bisa mengelola waktunya dengan baik. Bagaimana satu hal kecil nan sepele seperti bangun pagi,  sudah menjadi kebiasaanya sejak dulu,  dan masih ia lakukan dengan istiqomah hingga detik ini.

Jujur saja, bangun pagi adalah hal sepele yang sangat luar biasa susah menjalaninya. Bahkan saya sendiri dalam hati sangat ingin konsisten dalam hal ini. Terlebih agama juga mengajarkan untuk rutin bangun pagi, dan sholat tahajud di sepertiga malam. Namun rasanya super duper susah banget. Rasanya mata, kaki dan tangan ini dielus-elus manjah. Supaya apa? Supaya ketiduran lagi deeeehh.😂

Namun, ini bukan berarti saya selalu bangun siang lho. Enggak banget. Catet!!  Saya selalu bangun pagi. Hanya saja ada keinginan yang begitu kuat, untuk bisa bangun lebih pagi dari biasanya,  dan melakukan sholat tahajud terlebih dulu. Terlebih hasrat yang kuat,  untuk bisa mengatur waktu dengan baik semaksimal mungkin.

En ajaib  banget. Ketika  bisa bangun lebih pagi  dari biasanya,  seketika saja saya merasakan beberapa hal  positif. Just like this.

Ingat untuk bersyukur.

Ketika bangun terlambat, kita pasti langsung tergesa-gesa lompat dari tempat tidur. Lupa untuk duduk sejenak,  ambil nafas,  dan bersyukur,  bahwa pada hari ini masih diberi kesempatan hidup satu hari lagi. Masih untung enggak sampai tersungkur jatuh dari tempat tidur ya,  gaes. Hehehe. Maka ketika bangun lebih pagi, alhamdulillah saya dapat merenung sejenak, bersyukur pada Sang Pencipta. Bahwa betapa saya masih diberikan kesehatan,  dan diizinkan melakukan aktivitas yang diinginkan.

Merasakan kedekatan dengan Sang Mahakuasa.

Bagi umat muslim, bisa melakukan sholat tahajud di sepertiga malam,  dan sholat subuh tepat waktu,  merupakan kenikmatan tersendiri. Di saat mayoritas  orang lain terlelap, kita serasa berdua bersama Allah, bercakap, dan menumpahkan isi hati dengan sangat dekat. Terkadang tak terasa air mata tiba-tiba menetes, mengingat betapa kita sering kali melupakan Nya,  karena lebih terlena kenikmatan duniawi. Dan ketika saat dimana kita sangat dekat dengan Sang Mahakuasa, maka nikmat mana lagi yang akan kau dustakan?😇

 

Nikmat sehat tiada tara.

Bukan rahasia lagi, kalau udara pagi belum terkena polusi, sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Menghirup udara pagi yang bersih dan segar, jelas akan membuat tubuh lebih sehat. Terlebih jika ditambah dengan olahraga ringan,  seperti jalan-jalan di sekitar komplek perumahan. Alhasil tubuh lebih bugar, dapat beraktivitas dengan semangat,  dan terhindar dari serangan penyakit.

 

Produktivitas meningkat tajam.

Bangun pagi membuat kita memulai aktivitas lebih awal dari biasanya. Sebagai contoh jika biasanya sampai di kantor jam 7.15,  dan hanya sempat cek email, setelah datang jam 6.45 maka bisa melakukan aktivitas lain,  seperti menyusun jadwal,  atau update berita terkini. Memulai kegiatan lebih awal,  akan membuat semua pekerjaan bisa terselesaikan dengan baik,  tanpa ada penundaan. Percayalah teman, menunda-nunda pekerjaan akan membuat keseharian kalian lebih kusut dibanding gulungan benang😂.

 

 

Mengalir energi positif.

Percaya atau tidak. Setelah bangun lebih pagi, dalam tubuh mengalir energi positif. Lebih bersemangat menjalani aktivitas. Tak ada rasa malas. Selalu ingin melakukan apapun yang bermanfaat. Again en again en again. Seperti berbisnis, menulis, melakukan hobi,  bahkan hanya membersihkan rumah. Termasuk menghadapi segala kejadian dengan positif thinking. Selalu berpikir bahwa segala sesuatu yang terjadi adalah yang terbaik. It’s amazing. Betul?

Well, tanpa kita sadari bangun pagi adalah salah satu hal sepele dalam keseharian. Believe it or not, kadang kala sulit sekali melakukannya. Namun jika kita istiqomah dan menjadikannya kebiasaan, bukan tak mungkin akan membawa dampak besar dan positif bagi kehidupan.

So, yuk bangun pagi!

Saya ibu rumah tangga yang ingin bercerita, berkisah dan belajar lewat sebuah tulisan.

44 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *