Bangun Pagi, Hal Sepele Segudang Manfaat

 

Di suatu malam, saya berbincang seru dengan saudara sepupu. Saking asyiknya perbincangan itupun sudah mendekati jam sembilan malam. Tiba-tiba si saudara ini berkata “Besok dilanjut lagi ya. Ini sudah masuk jam tidurku. Karena biasanya aku bangun jam tiga pagi,  dan ini sudah jadi kebiasaanku.”

Whaaatttsss??? Ya ampyuuunnn. War biasaaahh. Di saat orang lain di jam-jam tersebut, (termasuk saya..ups 😂),   masih seru-serunya nonton TV atau asyik dengan gadget, si sepupu ini malah sudah harus tidur, karena  terbiasa bangun jam tiga pagi. Ingat ya gaes, sudah jadi kebiasaan.

Hmmm, terpukau juga sih. Bagaimana ia bisa mengelola waktunya dengan baik. Bagaimana satu hal kecil nan sepele seperti bangun pagi,  sudah menjadi kebiasaanya sejak dulu,  dan masih ia lakukan dengan istiqomah hingga detik ini.

Jujur saja, bangun pagi adalah hal sepele yang sangat luar biasa susah menjalaninya. Bahkan saya sendiri dalam hati sangat ingin konsisten dalam hal ini. Terlebih agama juga mengajarkan untuk rutin bangun pagi, dan sholat tahajud di sepertiga malam. Namun rasanya super duper susah banget. Rasanya mata, kaki dan tangan ini dielus-elus manjah. Supaya apa? Supaya ketiduran lagi deeeehh.😂

Namun, ini bukan berarti saya selalu bangun siang lho. Enggak banget. Catet!!  Saya selalu bangun pagi. Hanya saja ada keinginan yang begitu kuat, untuk bisa bangun lebih pagi dari biasanya,  dan melakukan sholat tahajud terlebih dulu. Terlebih hasrat yang kuat,  untuk bisa mengatur waktu dengan baik semaksimal mungkin.

En ajaib  banget. Ketika  bisa bangun lebih pagi  dari biasanya,  seketika saja saya merasakan beberapa hal  positif. Just like this.

Ingat untuk bersyukur.

Ketika bangun terlambat, kita pasti langsung tergesa-gesa lompat dari tempat tidur. Lupa untuk duduk sejenak,  ambil nafas,  dan bersyukur,  bahwa pada hari ini masih diberi kesempatan hidup satu hari lagi. Masih untung enggak sampai tersungkur jatuh dari tempat tidur ya,  gaes. Hehehe. Maka ketika bangun lebih pagi, alhamdulillah saya dapat merenung sejenak, bersyukur pada Sang Pencipta. Bahwa betapa saya masih diberikan kesehatan,  dan diizinkan melakukan aktivitas yang diinginkan.

Merasakan kedekatan dengan Sang Mahakuasa.

Bagi umat muslim, bisa melakukan sholat tahajud di sepertiga malam,  dan sholat subuh tepat waktu,  merupakan kenikmatan tersendiri. Di saat mayoritas  orang lain terlelap, kita serasa berdua bersama Allah, bercakap, dan menumpahkan isi hati dengan sangat dekat. Terkadang tak terasa air mata tiba-tiba menetes, mengingat betapa kita sering kali melupakan Nya,  karena lebih terlena kenikmatan duniawi. Dan ketika saat dimana kita sangat dekat dengan Sang Mahakuasa, maka nikmat mana lagi yang akan kau dustakan?😇

 

Nikmat sehat tiada tara.

Bukan rahasia lagi, kalau udara pagi belum terkena polusi, sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Menghirup udara pagi yang bersih dan segar, jelas akan membuat tubuh lebih sehat. Terlebih jika ditambah dengan olahraga ringan,  seperti jalan-jalan di sekitar komplek perumahan. Alhasil tubuh lebih bugar, dapat beraktivitas dengan semangat,  dan terhindar dari serangan penyakit.

 

Produktivitas meningkat tajam.

Bangun pagi membuat kita memulai aktivitas lebih awal dari biasanya. Sebagai contoh jika biasanya sampai di kantor jam 7.15,  dan hanya sempat cek email, setelah datang jam 6.45 maka bisa melakukan aktivitas lain,  seperti menyusun jadwal,  atau update berita terkini. Memulai kegiatan lebih awal,  akan membuat semua pekerjaan bisa terselesaikan dengan baik,  tanpa ada penundaan. Percayalah teman, menunda-nunda pekerjaan akan membuat keseharian kalian lebih kusut dibanding gulungan benang😂.

 

 

Mengalir energi positif.

Percaya atau tidak. Setelah bangun lebih pagi, dalam tubuh mengalir energi positif. Lebih bersemangat menjalani aktivitas. Tak ada rasa malas. Selalu ingin melakukan apapun yang bermanfaat. Again en again en again. Seperti berbisnis, menulis, melakukan hobi,  bahkan hanya membersihkan rumah. Termasuk menghadapi segala kejadian dengan positif thinking. Selalu berpikir bahwa segala sesuatu yang terjadi adalah yang terbaik. It’s amazing. Betul?

Well, tanpa kita sadari bangun pagi adalah salah satu hal sepele dalam keseharian. Believe it or not, kadang kala sulit sekali melakukannya. Namun jika kita istiqomah dan menjadikannya kebiasaan, bukan tak mungkin akan membawa dampak besar dan positif bagi kehidupan.

So, yuk bangun pagi!

44 thoughts on “Bangun Pagi, Hal Sepele Segudang Manfaat”

  1. bangeun pagi, hal yang memang sangat sepele, namun banyak pelajaran yang dapat diambil dari bangun pagi ini. selain badan jadi sehat, tapi juga awal menjadi orang yang sukses, dunia bahkan akhirat

  2. Hayuuk mbak.😍
    Walau mata masih belekan dan berasa berat banget di awal, jika sdh konsisten atau istiqomah melakukannya, inshaaAlloh tanpa alarm pun sdh bs bangun pagi sendiri.ya kita para emak strong.😉😗

  3. Aku termasuk yang susah bangun telat. Alarm tubuh udah otomatis manggil sekitar jam setengah 4. Kalau kesiangan badanku malah sakit semua. Mood-ku juga biasanya jadi jelek. Ya karena udah kebiasaan kali ya. Yang jelas apa-apa lebih ayem dan terencana.

  4. Bangun pagi yang paling aku rasakan adalah lebih semangat menjalani hari. Bahkan saat kerasanya kurang tidur. Aku yang terbiasa bangun pagi, justru lemes kalau bangun siang. Mari biasakan selalu bangun pagi.

  5. In sya Allah saya bangun jam 3 pagi sejak kuliah, niatkan saja sebelum tidur, seperti yang saya ajarkan ke anak-anak, “Ya Allah, tolong bangunkan aku jam 3 pagi”. Alahamdulillah pada jam tersebut, kita akan otomatis terbangun…Kalau anak-anak sih, masih bangun jam 5 pagi.

  6. Sepakat, Mbak. Bangun lebih pagi itu buanyak manfaatnya. Selain punya quality time untuk beribadah…energi positif juga mengalir dahsyat. lebih semangat dan lebih siap menyambut hari

  7. Aku bnget nih, harus tidur ontime… Tapi tengah malam bangun lg utk garap online, hihihi… Pagi hari harus bangun pagi nyiapin sarapan dong, kok tdr jdnya cm bentar ya😆

  8. Setuju deh dengan poin-poin yg Mbak sebutkan. Rasulullah pun menganjurkan tidur di awal malam agar bisa bangun di sepertiga malam terakhir dan salat malam.
    Idealnya sih begitu jika tidak ada ‘halangan’ ya. Saya kadang tidak ideal karena tidak bisa tidur di awal waktu sehingga memang ngaruh pada on time-nya bangun pagi sebelum subuh.
    Terima kasih sudah mengingatkan 🙂

    1. iya mbak..kadang tak selamanya yang kita rencanakan terwujud dengan baik..bahkan untuk urusan bangun pagi…semoga walaupun sebatas niat, sudah dicatat sebagai amal kebaikan oleh Allah

  9. Sepupumu itu aku banget, Mbak. Sangat nggak kuat begadang. Jam delapan pun udah ngantuk. Aku memang tidur awal bangun awal. Jadi jam satu atau dua tuh udah bangun.

    Dulu nggak begitu. Semasa masih ngantor baru tidur jam 11 atau 12 malam. Jam lima udah harus berangkat lagi.

    Sekarang, waktu dini harinya bisa dipakai untuk menulise. Enak, nyaman, tenang, huehehehe …

  10. bangun pagi itu buat saya jadi membuat waktu lebih panjang hehe. bangun pagi sebelum subuh bikin produktivitas meningkat itu betul banget hihi. malah dengan bangun lebih pagi jadi lebih semangat beraktivitas. makasih bun pengingatnya.

  11. Sepupumu itu aku banget, Mbak. Jangankan jam 9 malam, jam 8 malam aja aku sudah ngantuk, hahaha … Dulu-dulu sih nggak begini. Ini terjadi sejak aku nggak kerja kantoran. Dulu kan kerja kantoran sampai rumah aja jam 10 malam, jam lima sudah berangkat lagi. Sejak nggak ngantor, jam 8 udah ngantuk sangat. Lalu jam satu pagi saatnya bangun. Jadi termasuk perempuan malam aku, nih, wkwkwkwk …

  12. Yuuk bangun pagi..oaaheem.. Ehehe. Masih suka berat untuk bangun pagi mungkin karena belum tertib tidur malam lebih awal. Pengen deh seperti saudaranya,mbak, tidurnya aja tertib sebelum jam sembilan untuk lebih mudah bangun jam tiga nantinya.

  13. Terimakasih sudah mengingatkan. Hiks…pas banget. Hari ini aku kesiangan. Soalnya tidur pk 00:30.
    Nanti malam hari lebih pagi tidurnya…

  14. Aku pun meski banyak kerjaan daripada bela-belain begadang mending tidur cepat supaya bangunnya cepat.

    Aku juga sebisa mungkin sebelum jam 10 malam sudah tidur, soalnya kalau kemalaman malah laper terus jadi makan. 😁

  15. Betul banget mbak.. kalo bangun pagi itu gatau kenapa jadi lebih produktif, semangat merencanakan & mengerjakan banyak hal udah gitu jadi lebih positif aja bawannya..beda cerita kalo bangun kesiangan serba grasa grusu plua uring2an ga jelas

  16. Setuju. Plus dipagi hari pula Allah bagikan jatah rejeki kita. Makanya jangan ngambek kalo seharian seret rejeki karna rejekinya dipatok ayam. Ini bener banget nih peribahasanya. Semangat bangun pagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *